Dinas Pariwisata Sleman Optimistis Tembus Tujuh Juta Kunjungan
Dinas Pariwisata Sleman Optimistis Tembus Tujuh Juta Kunjungan

Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, optimistis aktivitas kepariwisataan di beberapa tempat di wilayah tersebut menembus angka 7.000.000 kunjungan selama 2017.

Dinas Pariwisata Sleman Optimistis Tembus Tujuh Juta Kunjungan

Dinas Pariwisata Sleman Optimistis Tembus Tujuh Juta Kunjungan

“Diyakini bahwa lawatan wisatawan di Kabupaten Sleman sampai dengan 31 Desember 2017, berada di antara kisaran tujuh juta hingga 7.250.000 kunjungan wisatawan,” kata Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Sleman Sudarningsih di Sleman, Selasa.

Dia menyebut hal ini tidak lepas dari beberapa kegiatan yang masih bakal berlangsung di Kabupaten Sleman pada November dan Desember 2017.

salah satu kegiatan internasional yang termasuk dalam seratus agenda internasional yang didukung penuh oleh Kementerian Pariwisata adalah “The 9th Jogja International Heritage Walk” pada 18 November 2017 di Kompleks Candi Prambanan Kabupaten Sleman dan 19 November 2017 di Imogiri Kabupaten Bantul.

Selain tersebut, pada delapan belas November 2017 juga terdapat acara “Ngayogjazz” yang digelar di Selomartani, Kalasan.

Sampai dengan tiga puluh satu Oktober 2017, jumlah lawatan wisatawan ke Kabupaten Sleman mencapai 6.390.962 kunjungan dengan perincian 6.068.780 kunjungan wisatawan nusantara (setara dengan 95,41 persen) dan 292.180 kunjungan wisatawan mancanegara (setara dengan empat koma lima sembilan persen).

Sudarningsih menyebut objek wisata Candi Prambanan masih menjadi destinasi favorit lawatan wisatawan dengan jumlah kunjungan 2.702.087 kunjungan (42,48 persen) diikuti objek wisata alam 1.548.522 kunjungan (24,34 persen), dan objek wisata museum 880.517 kunjungan (13,84 persen).

Sisanya yang sembilan belas koma tiga tiga persen lawatan wisatawan tersebar pada kampung wisata di Jogja dan acara-acara lainnya di Kabupaten Sleman.

Dia mengatakan bila ketimbang dengan jumlah kunjungan wisatawan pada September 2017, terjadi peningkatan kunjungan seratus delapan koma lima empat persen dari 5.860.689 kunjungan.

Bila ketimbang dengan jumlah lawatan wisatawan pada periode yang sama pada 2016, terdapat peningkatan kunjungan 137,54 persen dari 4.624.904 kunjungan.

Yayasan Uang Sejahtera Berdikari (Damandiri) membantu warga Desa Tamanmartani, Kalasan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, membangun “home stay” atau penginapan di wilayah yang tidak jauh dengan objek wisata Candi Prambanan tersebut.

“Bantuan ini bertujuan untuk pemberdayaan warga setempat. Penginapan ini berjarak 500 meter sisi Barat Candi Prambanan,” kata Ketua Dewan Pembina Damandiri Muhammad Bob Hasan saat meresmikan penginapan tersebut di Sleman, Minggu.

Menurut ia, ada sebanyak dua belas penginapan yang dikembangkan di rumah penduduk dengan masing-masing dua kamar siap menerima wisatawan.

“Bantuan ini juga bertujuan agar warga terlepas dari kemiskinan dengan pemanfaatkan sumber daya yang mereka miliki. Keberadaan penginapan mendukung program pengembangan kampung wisata Prambanan,” ungkapnya.

Ia menyebut, penginapan ini dikelola koperasi warga, nantinya sepuluh persen dari total penghasilan diserahkan kembali ke masyarakat untuk pengembangan usaha.

Biar mereka tidak lagi berkubang dalam kemiskinan, progam ini secara umum bertujuan membentuk pengusaha di level desa,

Bob Hasan menyebut, selain penginapan, Damandiri juga membangun 1 warung untuk memenuhi kebutuhan wisatawan yang berkunjung di Dusun Karangnongko dan Klurak, Tamanmartani, Kalasan.

“Prambanan dikenal sebagai salah satu area wisata yang menarik minat lawatan wisatawan. Kehadiran penginapan ini bakal mendorong pertumbuhan ekonomi sini,” ungkapnya.

kepala Kampung Tamanmartani, terima kasih diucapkan kalasan Gandang Harjanata

“Kami mendapatkan bantuan free tanpa syarat dan wacana penetapan biaya akan disesuaikan dengan segmen pasar wisatawan yang kami bidik. Wacana biaya di kisaran Rp 100.000 sampai Rp 200.000. Untuk siswa biasanya Rp 50.000 per kamar per malam,” tandasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!