Manfaat Berpuasa Dilihat Dari Sisi Medis
Manfaat Berpuasa Dilihat Dari Sisi Medis

Manfaat Berpuasa Dilihat Dari Sisi Medis

Puasa adalah sebuah bentuk ibadah yang sangat mulia, sama dengan sholat, puasa itu sendiri juga ada yang wajib dan ada yang sunnah.

Kalau wajib seperti kita ketahui adalah puasa ramadan dan puasa nadzar (jika bernadzar), ini adalah bentuk ibadah yang hanya diketehui ketika kita menyuguhkan makanan.

Ketika kita menyuguhkan makanan terus tidak dimakannya, berarti dia sedang berpuasa, tetapi jika dia makan, berarti di tidak berpuasa.

Atau ketika ada orang yang menjelek-jelekannya, jika ia membalas maka ia tidak berpuasa, tapi jika tidak membalas maka dia puasa.

Puasa itu sangat bermanfaat bagi tubuh kita, bayangkan ya, puasa adalah bentuk ibadah yang kalau dikerjakan kita tidak akan sempatĀ  atau bisa melakukan bentuk maksiat lagi.

Misalnya ada teman bergosip, karena kita takut merusak nilai puasa, maka kita menghindari gosip itu, dan kalau kita berpuasa kemudian ingin marah-marah, maka akan ditahan dengan puasa itu.

Ada banyak sekali kumpulan doa Islam yang membahas mengenai masalah puasa ini, dan kalau kita lihat dari sisi medis, ternyata puasa memiliki nilai manfaat yang luar biasa, seperti apa itu, yuk simak ulasan kami berikut ini ya.

Manfaat berpuasa

Menggurangi kebiasaan buruk

Dengan berpuasa kita akan menjadi bersemangat dalam menjalankan sebuah ibadah, entah itu sunnah maupun wajib, dan kita akan terfilter dari kebiasaan buruk, seperti ngemil, jajan yang tidak perlu, atau yang lainnya.

Menyehatkan ginjal

Fungsi dari ginjal adalah menyaring zat-zat yang berbahaya yang ada dalam makanan dan minuman yang kita konsumsi, mengapa harus disaring, karena kalau tidak maka itu akan menjadi sangat berbahaya bagi tubuh kita tentunya, dan dengan berpuasa maka ginjal akan mencapai kinerja tertinggi, sehingga ginjal menjadi sehat.

Mengeluarkan racun dari dalam tubuh

Racun yang menumpuk dalam tubuh kita akan bisa dikeluarkan jika kita sedang berpuasa, karena selama berpuasa kita akan mendetoksifikasi atau mengeluarkan racun dalam sistem pencernaan tubuh kita, sehingga zat-zat yang merugikan diri kita akan keluar dengan sendirinya.

Nah demikian manfaat berpuasa jika dilihat dari segi medis, dan masih banyak manfaat lainnya yang belum dibahas di artikel ini.

Terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!