Usaha Budidaya Anggrek yang Menjanjikan serta Menguntungkan
Usaha Budidaya Anggrek yang Menjanjikan serta Menguntungkan

Sekarang ini usaha rumahan budidaya anggrek tetap masih demikian tinggi yang tertarik, dan harga nya juga mahal mengingat pengelolaan bisnis ini lumayan sulit. Apa lagi menunggu tanaman berbunga sering dan cepat mekar. Ini memang buat stres.

Ngomong problem usaha budidaya anggrek, pastinya akan ada banyak tantangan di masing-masing pada akhirnya ; dari pembibitan, lingkungan hidup, perawatan sampai pengiriman juga buat pebisnis tanaman pemula harus muter otak supaya berhasil.

Prinsip Basic Buka Usaha Budidaya Anggrek

1. Tentukan Bibit yang Cocok

Pembibitan yakni yang paling butuh dalam memulai usaha. Prasyarat bibit untuk memulai usaha budidaya anggrek yakni yang berbatang kuat, daunnya subur, bunganya lebat dan tidak diserang hama pastinya. Sebab, bibit yang terserang hama miliki potensi carier.

Pembibitan bunga anggrek ditangani lewat langkah penyemaian biji yang disterilkan dalam larutan kaporit (100 cc air+10 gr kaporit). Setelah dikocok dengan air kaporit, buang dan kocok lagi dengan air mineral. Untuk peyemaiannya bisa menggunakan botol yang sudah disterilkan lehernya dengan memanaskannya dengan lampu spiritus.

Gunakan pipet yang sudah disterilkan dengan lampu spiritus lantas celupkan lagi pipet dalam spiritus. Lalu, ratakan biji anggrek dalam botol yang sudah disediakan alas penyemaian.

Langkah lain untuk memperbanyak bibit bunga anggrek yakni dengan stek, pemisihan rumpun atau pemotongan keiki (ambillah anakan dari batang).

2. Perawatan Bunga Anggrek

Anggrek membutuhkan lingkungan dengan kandungan kelembapan yang tinggi. Anda bisa menyemprot tanaman saat pagi hari, membasahi lantai dan menggunakan humidifier yang bisa membantu tingkatkan kandungan kelembapan di udara.

Ingat, jangan sampai kelebihan air karna akarnya bisa busuk. Siram anggrek apabila hari cerah dan saat pagi hari. Langkah menyiramnya juga harus dari atas dan lakukan lewat langkah beberapa perlahan-lahan. Selain itu, apabila kondisi sering hujan, jangan sampai lakukan penyiraman terus menerus.

Siram bunga Anggrek saat suhu tengah panas. Untuk penyusunan cahaya, saksikan adakah kuncup bunga. Saat kuncup mulai berlangsung, jangan sampai merubah arah pot karna biasanya anggrek sudah peroleh tempat pencahayaan yang pas.

3. Perubahan Pot

Sebagian pengusaha budidaya anggrek pemula seringkali kebingungan bagaimana merubahkan anggrek yang sudah besar ke pot yang baru. Memang menakutkan karna apabila salah sedikit saja, anggrek jadi mati. Walaupun sesungguhnya sudah susah payah rawat sampai besar.

Nah, perlu diingat! Merubahkan media pot ditangani hanya saat pot rusak, ph begitu asam pH5, ada susunan putih di sekitaran media dan akar dan tanaman anggrek tumbuh di luar pot.

Terlebih dulu perpindahan ditangani, optimis merendam pot baru dengan fungisida untuk membunuh jamur. Jangan sampai lupa sterilkan alat potong dengan physan-20. Lantas, rendamlah media tanam yang baru dengan vitamin B1 semalaman.

Dalam pelepasan akar anggrek dari media lama, rendam semua akar dari pot sampai akarnya tercerabut lalu potong akar yang sudah busuk. Lalu, rendam tanaman anggrek Anda dengan vitamin B1 selama beberapa menit lalu letakkan di media yang baru.

Ingat! Jangan sampai disiram begitu banyak dan beri vitamin B1 lagi sampai nantinya keluar serabut akar yang baru.

 

4. Pengobatan Penyakit

Satu hal lagi yg tidak dapat teratasi saat Anda inginkan buka usaha budidaya anggrek. Penyakit dan awal penyebarannya! Anda harus memberikan keyakinan dari tempat mana asal penyakit di bunga anggrek berasal.

Apakah ini dari bakteri, algae, Netmatoda, virus atau kekurangan zat hara. Beberapa tipe penyakit yang keluar bisa begini :

Black Rot

Sinyal Black Rot yaitu daun berwana coklat dan pinggirannya kuning. Lantas, di pangkal daun berwarna hitam dan mengeluarkan cairan saat ditekan waktu lalu busuk dan putus.

Nah, apabila Anda menjumpai penyakit ini, putus ruangan yang terinfeksi dengan alat pemotong steril dan celupkan tanaman dengan fungisida lantas keringkan. Jaga juga agar sekitar tanaman tidak sangat basah.

Crown Rot

Crown Rot menyebabkan hampir semua bagian anggrek ; batang, kar, daun alami pembusukan. Parahnya lagi infeksi Crown Rot jalan 1-2 hari. Apabila Anda dapatkan ini, pisahkan anggrek yang sakit dan potong bagian yangterinfeksi. Lalu rendam dengan fungisida. Optimis juga mensterilkan kebun agar penyakit tidak menebar.

Kecuali kerjakan banyak hal di atas, baiknya Anda juga ketahui bermacam type tipe pestisida untuk menyembuhkan dan melindungi sinyal penyebaran penyakit. Pestisida yang digunakan umumnya bakterisida, insektisida, fungisida dan herbisida. Kesemuanya memiliki peran yang berbeda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!