Wajib Baca! Inilah Penyebab Jerawat yang Membandel
Wajib Baca! Inilah Penyebab Jerawat yang Membandel

Genetika juga dapat memiliki efek pada jerawat berjerawat, dan mungkin alasan beberapa orang berjerawat sementara yang lain tidak. Salah satu studi yang dikutip atas melihat 458 pasang kembar identik dan 1.099 pasang kembar fraternal untuk mempelajari prevalensi jerawat. Mereka menemukan bahwa gen menjelaskan 81 persen signifikan perbedaan prevalensi jerawat, sementara 19 persen lainnya dijelaskan oleh faktor lingkungan yang tidak dibagi.

Namun studi lain melihat perbedaan tingkat jerawat pada keluarga tingkat pertama antara pasien dan kontrol. Penelitian ini menggunakan 204 pasien jerawat, dan 144 kontrol non-jerawat. Studi mereka menentukan bahwa memiliki kerabat tingkat pertama yang menderita jerawat meningkatkan risiko mendapatkan jerawat sebanyak empat kali. Gen berperan dalam beberapa cara: pertama, mereka berkontribusi pada sensitivitas kulit. Kulit rawan jerawat lebih rentan terhadap produksi minyak, dan cenderung menumpahkan dan meregenerasi sel kulit lebih cepat. Mereka yang rentan terhadap jerawat juga menunjukkan respon inflamasi yang kuat terhadap iritasi dan bakteri kulit dibandingkan dengan mereka yang tidak memiliki masalah dengan jerawat.

Sementara jerawat dikaitkan dengan genetika, mungkin juga masuk akal bahwa kebiasaan dan budaya bersama berkontribusi terhadap timbulnya jerawat, walaupun tidak ada ilmu pengetahuan yang signifikan di balik klaim tersebut.

Terkadang rasanya seperti jerawat tumbuh semalaman, namun proses pembentukan jerawat agak sedikit rumit. Lalu apa yang menyebabkan jerawat? Berbagai faktor bisa berakibat timbulnya jerawat. Jerawat bisa berkembang pada siapa saja pada usia berapapun, tapi cenderung paling umum di kalangan remaja. Mengapa remaja mengalami gangguan berjerawat? Fluktuasi hormon. Ketika kadar hormon meningkat, kelenjar sebaceous yang ditemukan di dalam folikel rambut kulit menghasilkan kelebihan sebum. Sebum adalah zat lilin yang diproduksi tubuh agar kulit tetap lembut dan lembab. Namun, bila perubahan hormonal menyebabkan peningkatan produksi sebum, pori-pori bisa menjadi tersumbat. Zat lengket ini bisa mengumpulkan sel kulit mati, puing, dan bakteri, membentuk steker di folikel. Komedo, whiteheads, jerawat, dan pustula semuanya dimulai dengan cara yang sama. Mencegah jerawat berarti menemukan alasan mengapa Anda melanggar dan melakukan semua yang Anda bisa untuk mengatasi faktor-faktor ini.

  • Apa Penyebab Jerawat?

Memahami mengapa Anda putus memerlukan pertimbangan berbagai aspek. Ada banyak penyebab jerawat berjerawat, tapi kebanyakan jerawat disebabkan oleh fluktuasi kadar hormon. Selama pubertas, peningkatan androgen (hormon laki-laki) menyebabkan kelenjar adrenal mengalami overdrive. Ini memicu produksi sebum dalam kelenjar sebaceous. Semakin banyak sebum yang dihasilkan, semakin mudah bagi folikel rambut tersumbat. Saat folikel tersumbat, minyak tidak bisa meninggalkan pori-pori, mengumpulkan sel kulit mati yang seharusnya bisa terlepas dan tergantung pada bakteri yang disebut h. acnes. Fluktuasi hormonal ini bisa timbul di lain waktu dalam hidup, termasuk menstruasi, kehamilan, dan menopause.

Genetika juga dapat berperan dalam frekuensi dan tingkat keparahan jerawat Anda, bersamaan dengan kebiasaan sehari-hari tertentu. Dari rutinitas pembersihan hingga pilihan makanan, menggunakan produk yang salah untuk merokok, ada banyak faktor di balik jerawat dan noda jerawat lainnya.

  • ¬†Apakah Diet Mempengaruhi Kulit Anda?

Anda mungkin telah diberi tahu bahwa apa yang Anda makan mempengaruhi kulit Anda dan dapat menyebabkan wabah, namun perdebatan tentang diet berperan dalam frekuensi jerawat masih mengamuk. Banyak dermatologists akan dengan keras menolak klaim bahwa makanan dan jerawat terkait, karena begitu banyak penelitian seputar aspek perawatan kulit ini yang tidak meyakinkan. Studi menghasilkan hasil yang lemah, atau cacat dengan terlalu sedikit subjek atau kurangnya kelompok kontrol

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!